Introspeksi Diri untuk Pengaplikasian Afirmasi & Visualisasi (anak sekolah wajib baca!)

Introspeksi dong! ,jangan dikasih tau mulu,peka jadi orang! . . . ebuseh itu kenapa jadi anak ABG ngomel wkwk . . .


Assalamualaikum . . . hai brosist para pembaca artikel ISENGERS berjumpa lagi dengan mimin si pencinta mindpower ini hehe ,ya di post sebelumnya kita udah bahas ABS , MINDSET(AFIRMASI) & VISUALISASI *capslock jebol euy! ,and now alias sekarang kita bahas tentang Introspeksi diri nih brosist . . . secara umum pasti brosist tahu, introspeksi memiliki arti melihat dan mengoreksi diri sendiri ,fungsinya tentu untuk mengetahui kelemahan diri sendiri ,apa yang dibutuhkan diri sendiri dan ,untuk menyusun strategi menuju diri yang jauh lebih baik . . .


terus apa hubungan nya introspeksi diri dengan afirmasi & visualisasi ? *sebelumnya jika brosist ada yang belum tau tentang afirmasi & visualisasi silahkan klik link ini* ,dan jika brosist sudah mengerti afirmasi & visualisasi , ini nih cara pengaplikasian nya biar A&V bekerja secara optimal dan sesuai dengan kebutuhan hidup kita brosist!  *btw afirmasi & visualisasi disingkat A&V aja ya biar saik bin asik* 

biar A&V kita ter arah ,mimin kasih metode yaitu introspeksi ,dari pengertian nya kan introspeksi artinya mengoreksi diri ,jadi, first lemme take a selfie kita koreksi diri kita sendiri dulu terutama kelemahan dan yang kita butuhkan brosist! caranya :

1. siapkan buku/kertas/note hape;

2. mulai meng-introspeksi diri dengan mencari kelemahan dan kekurangan kita ,contohnya : pemalu,pemalas,lemah,lemas,pemarah,egois,pendendam,ceroboh,sulit mengerti,dsb;

3.mengintrospeksi diri tentang kebutuhan pribadi *inget ya kebutuhan,untuk keinginan bisa juga tapi mimin hanya menjelaskan kebutuhan saja* contoh kebutuhan : butuh kendaraan pribadi untuk melakukan aktivitas sehari-hari,butuh nilai yang sangat bagus agar menjadi ranking 1 ,atau mungkin mendapat PTN sesuai tujuan.

4.catat kekurangan diri & kebutuhan dalam catatan tsb;

5.susun sesuai keinginan brosist dan mulai membuat daftar untuk A&V serta usaha yang akan dilakukan!

6.untuk mengubah sifat negatif ,cobalah untuk menggunakan kata kebalikan dari sifat buruk tsb ,misal  pemalu -> pemberani ,pemalas -> rajin ,lemah -> kuat/tegar , pemarah -> penyabar ,egois -> adil ,pendendam -> pemaaf ,ceroboh ->teliti/tenang ,sulit mengerti -> mudah memahami ,penyakitan -> sehat, dsb tergantung yang terdapat di catatan brosist.

7.melakukan A&V serta berusaha agar terealisasikan.bagi yang mager baca A&V ,cara menggunakan A&V yang baik adalah ditulis dulu dengan rapi sesuai petunjuk lalu, selalu di ulang-ulang kalimatnya di kehidupan kita hingga target yang di inginkan tercapai,diulang-ulang (setiap hari ,setiap jam,setiap malam,setiap berdoa,setiap sebelum tidur ,dst) kapanpun hingga tertanam di benak dan fikiran kita ,lalu yakin! yakin seyakin yakin nya ,sekokohnya ,jika mulai goyah ,berusaha jauh lebih yakin! ,menolak yang namanya pesimis! jika datang usir aja,tendang,pukulin hahaha, kalau visualisasi harus bisa membayangkan secara detail ,spesifik dan harus sebisa mungkin merasakan seakan-akan sudah terjadi!!! dan terakhir berusaha ,dan jika telah terjadi jangan lupa bersyukur kepada Allah yang telah memberikan kita mindpower dan memuji diri sendiri dan hebatnya mindpower kita agar menjadi lebih semangat!


karena mimin baik hati untuk brosist sekalian ,mimin kasih contoh ,kita ambil dari kasus diatas :

1. pemalu ,untuk brosist yang merasa pemalu(tidak percaya diri) ,bisa diatasi dengan
kalimat afirmasi : saya adalah seorang yang pemberani/percaya diri dan aktif ,kata-kata saya penuh kuasa ,pandangan mata saya penuh kuasa,saya akan disegani dan dihargai di tempat saya sekolah/belajar/dimanapun,tergantung yang brosist butuhkan.
visualisasi : bayangkan brosist sedang berbicara atau sedang melakukan sesuatu di depan orang-orang sekitar brosist(presentasi misalnya) dan diperhatikan orang-orang disekitar brosist ,dan mereka kagum dengan apa yang brosist lakukan/bicarakan/kerjakan.
usaha : coba angkat kepala brosist untuk menatap lurus kedepan dan tidak kebawah,lalu coba dari hal kecil seperti bertanya,lalu ber argumen,lalu presentasi ,lalu hal lain yang lebih wow.

2.pemalas ,untuk menghilangkan rasa malas
kalimat afirmasi : saya adalah seorang yang sangat rajin dikelas(misalnya)! saya adalah orang yang sangat rajin!
visualisasi : bayangkan brosist sedang mengerjakan semua tugas-tugas dengan lancar ,dan mendapat nilai yang bagus,nilai rata-rata 90 ,lalu mendapatkan pujian dari orang sekitar atas hasil usaha brosist .
usaha : cobalah belajar! lawan diri sendiri ,yang biasanya mengerjakan PR menjelang deadline ,coba kerjakan jauh hari saat waktu kosong.

3.lemah ,untuk yang merasa dirinya lemah terutama rohani/mental (tidak percaya diri)
kalimat afirmasi : saya adalah seorang yang kuat! saya memiliki energi yang luar biasa,saya sangat bersemangat,saya manusia paling bersemangat!
visualisasi : bayangkan orang-orang disekitar brosist sangat menghormati brosist,menghargai brosist ,menghormati brosist,dan segan terhadap diri brosist yang memancarkan energi yang luar biasa dari dalam diri brosist!
usaha : mulailah untuk mengangkat kepala brosist menjadi untuk menatap kedepan dan tidak menunduk lemah ,lalu mulailah berbuat sesuatu yang membuat orang disekitar brosist kagum dan segan terhadap brosist.

4.berpenyakit/penyakitan ,untuk yang merasa dirinya memiliki penyakit yg sering kambuh
kalimat afirmasi : semua penyakit saya sembuh & hilang! ,saya adalah orang yang sehat dan bugar ,tubuh saya sangat kuat.
visualisasi : bayangkan anda selalu sehat ,anda melakukan aktivitas yang normal dan aktif ,tanpa ada gangguan penyakit.
usaha : tetap menjalani usaha penyembuhan disertai keyakinan bahwa brosist sudah sembuh!

5.ceroboh ,biasanya untuk kaum pelajar nih
kalimat afirmasi :saya adalah seorang yang teliti dan detail dalam hal yang saya kerjakan ,saya akan selalu mengingat apa yang saya butuhkan!
visualisasi : bayangkan brosist tidak mendapat teguran lg karena ceroboh,dan mendapat pujian ,lalu hidup brosist makin mantep gara-gara engga ceroboh lagi.
usaha : kalo pengalaman mimin ,mimin biasanya buat catatan ,lalu selalu membacanya agar benar-benar tidak terlewat,ataupun dalam mengerjakan sesuatu benar-benar step by step dan rajin memeriksa.

6.sulit mengerti ,apapun deh yang sulit dimengerti hehe
kalimat afirmasi : saya dengan sangat mudah mengerti pelajaran ( . . . ) ,saya akan memahaminya dengan cepat dan benar,saya benar-benar akan mengerti (. . . )! isi kurung sesuai yang ingin di mengerti dan tidak harus pelajaran.
visualisasi : bayangkan brosist sangat mengerti ,brosist bisa menyelesaikan ,bisa menjelaskan kepada orang lain dengan mudah dan akurat,anda sangat menguasai apa yang brosist ingin mengerti.
usaha : usaha nya ya belajar wkwk ,tapi brosist akan lebih mudah memahami dibanding tanpa bantuan A&V ini ,mimin berani jamin! hehe

hmmmm oke sekarang yang kita butuhkan nih brosist ,misal :

1.kendaraan pribadi untuk kebutuhan sehari hari
kalimat afirmasi : saya akan memiliki mobil/motor pribadi merk (. . .) di bulan Desember 2014. misalnya.
visualisasi : bayangkan brosist memiliki kendaraan tsb,lalu rasakan rasa senangnya mengendarai kendaraan tersebut,atau mungkin bayangkan anda sedang bersenang-senang,sedang ngebut diatas kendaraan tsb agar benar-benar terasa,bayangkan bentuk body nya ,bayangkan kunci nya,intinya bayangkan yang spesifik dan merasakan brosist benar-benar sudah memiliki kendaraan tsb .
usaha : ini Allahualam ,bener-bener tergantung keyakinan kita! karena rezeki yang kita dapatkan bersumber dari-Nya.

2.mendapatkan nilai sempurna untuk peringkat 10 besar.bahkan 4 besar,3 besar,ataupun ranking 1!
kalimat afirmasi : saya adalah seorang ranking satu di kelas (1 s/d 12,A s/d Z)  ,SMA/SMP/SD (nama sekolah) ,wali kelas saya bapak atau ibu (nama wali kelas) dengan nilai harian dan ulangan semua mata pelajaran diatas 90,sehingga saya menjadi ranking 1 di kelas tsb.
visualisasi : bayangkan brosist nilai harian dan ulangan nya selalu bagus dan diatas rata rata ,lalu saat bagi rapor,nama brosist tertulis di papan tulis di peringkat 10 besar lalu rasakan anda bersenang senang,lalu rasakan bangga nya saat mendapat pujian dari teman,ortu dan guru"
usaha : do your best in class ,lakukan yang terbaik ,karena akan merasakan ajaib nya saat nilai-nilai brosist membuat brosist

3.masuk atau diterima di Perguruan Tinggi Negeri atau SMA ,SMP pilihan? widih ini keren banget brosist ,biar mudah masuk ke tujuan yang kita pilih ,ini caranya.
kalimat afirmasi :saya yakin dan pasti menjadi (mahasiswa,siswa) di (nama lengkap Universitas atau SMA/SMP) tahun angkatan (angkatan kita masing2 misal 2015) ,saya akan melanjutkan studi saya disana!.
visualisasi : bayangkan dengan hasil rapor brosist yang sangat baik,anda diterima di lanjutan studi yang brosist inginkan brosist merasa sangat senang,bangga dan terharu hingga menangis karena tidak menyangka diterima di tempat pilihan brosist! ,bayangkan brosist memakai almet atau seragam milik sendiri dari tempat studi itu,foto bersama teman-teman dengan bangga memamerkan almet milik sendiri,menempelkan stiker di kendaraan,pintu kamar dan bayangkan almet tsb telah tergantung di dalam lemari atau gantungan baju brosist dan brosist memandangnya dengan bangga :') "
usaha : sama seperti di yang sebelum nya ,do your best,lakukan yang terbaik di kelas,usahakan agar kita bisa diterima di lanjutan studi pilihan .




hmmm ,sekali lagi mimin tegaskan ,yang paling dibutuhkan adalah yakin seyakin yakin nya tanpa ada rasa pesimis sedikit pun ,jika pesimis muncul ,langsung saja kalahkan,hilangkan,jangan biarkan mendominasi fikiran kita! . lalu baca dan bayangkan dengan jelas dan rasakan yang brosist inginkan seakan sedang terjadi atau sudah terjadi,tuliskan /gambarkan di kertas,dan terakhir usaha yg tebaik untuk keinginan dan tujuan kita brosist . mungkin sebagian dari brosist berfikir ,ah yang penting usaha ,untuk jawab argumen tersebut ,mimin menjawab ,A&V ini adalah sebagai pemudah,pelicin,pembantu ,atau apapun yang memudahkan kita,yang telah diberikan Allah melalui fikiran kita brosist . ada istilah "orang pandai yang peragu akan kalah dengan orang biasa yang yakin" dari kalimat tsb yang mimin tegaskan adalah yakin nya,karena keyakinan adalah kekuatan terkuat manusia untuk mengalahkan apapun ,termasuk musuh utama kita ,diri sendiri brosist!, dan dengan yakin,apapun bisa terwujudkan ,bisa terjadi ,apapun itu yang kita yakini ! ,makanya hati hati sama negatif thinking ,itupun bisa terjadi jika kita yakini! . . . hilangkan yang namanya pesimis dari kamus kehidupan kita . sungguh besar kekuatan keyakinan manusia! ,makanya mimin mau brosist sekalian memiliki rasa yakin yang tinggi akan hal positif agar kehidupan brosist menjadi mudah melalui mind power ,Amin,dan dibalik kesulitan pasti ada kemudahan ,setidaknya brosist yakini itu  ,agar kita selalu dan pasti bisa menghadapi masalah-masalah sesulit apapun dalam hidup kita! ,oke? sekian dulu postingan dari mimin ,pasti bermanfaat bagi brosist pembaca ISENGERS ini hehe ,maaf jika ada salah ,jika ada kritik dan pertanyaan silahkan berkomentar ,

tq,Assalamualaikum






0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog